Bupati Panca Dampingi Menkes Budi saat Kunker ke Posyandu dan Puskesmas di Indralaya OI

INDRALAYA – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) menegaskan komitmen pelayanan kesehatan prima pada masyarakat.

Hal ini ditegaskan Menkes RI, Budi Gunadi Sadikin saat mengunjungi Posyandu Tanjung Gelam dan Puskesmas Indralaya di Ogan Ilir.

Budi mengungkapkan, peningkatan fasilitas kesehatan (faskes) di Indralaya merupakan salah satu pilot project bidang kesehatan di Indonesia.

“Seperti posyandu, kami sedang melakukan revitalisasi posyandu untuk fokus pada upaya mencegah agar orang tetap sehat,” ungkap Budi yang juga didampingi Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, Sabtu (30/7/2022).

Maka ke depannya, revitalisasi posyandu sebisa mungkin tidak lagi mengobati orang yang sakit.

“Ya itu tadi prinsipnya, menjaga orang tetap sehat,” tegas Budi.

Dengan masyarakat tetap sehat, maka biaya hidup lebih murah dan kualitas hidup lebih baik.

Ogan Ilir sebagai daerah penyangga ibukota Provinsi Sumatera Selatan, dinilai Budi perlu menerapkan revitalisasi posyandu.

Pria berkacamata ini mengatakan, posyandu selama ini cenderung mati suri, padahal merupakan garda terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat.

Maka salah satu program yang diprioritaskan pemerintah pusat saat ini adalah imunisasi.

“Melalui kader-kader posyandu, pemerintah pusat berharap cakupan imunisasi rutin bagi anak yang sempat terganggu akibat pandemi Covid-19, bisa kembali meningkat,” ucap Budi.

Dilanjutkannya, Kemenkes RI juga terus berupaya menutup kesenjangan imunitas di masyarakat dengan mengharmoniskan kegiatan imunisasi tambahan.

“Dan juga imunisasi kejar dengan melaksanakan Bulan Imunisasi Anak Nasional atau BIAN yang dilakukan secara bertahap,” terang Budi.

Dengan adanya kunjungan kerja Menkes RI, Bupati Panca mengatakan, Pemkab Ogan Ilir akan terus menyatukan sinergi dan menyukseskan program-program pemerintah pusat di bidang kesehatan.

“Kunker Bapak Menkes dapat menghadirkan berbagai program-program kesehatan yang menarik, update yang berorientasi pada peningkatan pola hidup bersih dan sehat. Ini sebagai investasi kesehatan masa depan khususnya untuk seluruh masyarakat Kabupaten Ogan Ilir,” ucap Panca. (AG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.