Bimtek E-katalog Lokal Lokal dan Toko Daring di Sambut Antusias Peserta
3 mins read

Bimtek E-katalog Lokal Lokal dan Toko Daring di Sambut Antusias Peserta

BANYUASIN, MERAHPUTIHNEWS.CO.ID – Peserta Bimtek E-katalog Lokal dan Toko Daring di sambut Astusias pelaku usaha, hal ini terlihat dari membeludaknya Pelaku Usaha yang mengikuti Bimtek di Auditorium Pemkab Banyuasin, Rabu (15/02/2023)

Bimtek dilaksanakan guna Menindaklanjuti Instruksi Bupati Banyuasin Nomor 027/30/INSTRUKSI/I/2020 Belanja tentang Produk Dalam Percepatan Negeri dan Produk Usaha Usaha Kecil dan Koperasi Mikro, melalui Katalog Elektronik Lokal Kabupaten Banyuasin yang telah dilounching di Tahun 2022 yang lalu.

 

Pembukaan Bimbingan teknis (Bimtek) e-katalog lokal dan tokoh daring untuk PPK, Pejabat pengadaan dan pelaku usaha (UMKM) Kabupaten Banyuasin yang Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 15 dan 16 Februari 2023 di buka oleh Plh. Asisten I Bachori AP,. M.Si

Dalam sambutannya, Bachori menjelaskan Pemerintah Kabupaten Banyuasin terus berupaya mendorong para pelaku PPK, Pejabat Pengadaan dan UMKM di Banyuasin untuk berpartisipasi dalam pengadaan barang/jasa pemerintah dan mendorong akselarasi pemanfaatan produk dalam negeri.

“Sebab pasar yang saat ini paling menjanjikan adalah pasar pemerintah melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) dan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). adapun cara yang dipakai untuk menyerap produksi dalam negeri untuk menggantikan penyerapan produk impor, diantaranya melalui E-Katalog lokal, tokoh daring dan program bela pengadaan”, jelasnya.

Narasumber pada kegiatan ini terdiri dari Tim dari Direktorat Advokasi Pemerintah Daerah Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah RI, yaitu:

1. Imam Arumsyah selaku Analis Kebijakan Muda;

2. Bpk. Eko Ma Arif selakuAnalis Kebijakan Pertama

3. Ibu Niken Mustikarini selaku Analis Kebijakan Pertama.

Sementara itu Ketua Pelaksana kegiatan ini Yulinda SKM., M.Si menjelaskan Komoditas E-Katalog Lokal yang telah tersedia di Katalog Lokal Banyuasin, sebanyak 28 komoditas meliputi:

1. Makanan dan Minuman

2. Jasa Keamanan

3. Jasa Kebersihan

4. Beton Ready Mix

5. Bahan Material

6. Alat Tulis Kantor

7. Bahan Pokok

8. Servis Kendaraan

9. Pakaian Dinas dan Kain Tradisional

10. Aspal

11. Seragam Sekolah

12. Souvenir

13. Hewan Ternak

14. Beton Precast

15. Belanja Elektronik

16. Servis Elektronik

17. Tanaman Hias, Tanaman Pelindung

18. Perkakas Kerja

19. Beton Precast

20. Jasa Pengelolaan Sampah

21. Alat dan/atau Mesin Pertanian

22. Belanja Media

23. Benih Hortikultura

24. Benih Tanaman Pangan

25. Pemeliharaan Bangunan Gedung

26. Benih Tanaman Perkebunan dan

27. Pencetakan Spanduk, Kertas dan Penggandaan

28. Bahan dan Alat Kebersihan “Jumlah penyedia dalam KatalogLokal sebanyak 164 yang sudah terdaftar penyedia dan sudah menayangkan produknya di Katalog Lokal Banyuasin. Total produk lokal yang sudah tayang sebanyak 1476 produk dan kami harapkan terus bertambah”, paparnya.

Sebagai informasi data transaksi Kabupaten Banyuasin sampai dengan saat ini sudah mencapai Rp. 4.009.204.842,-

OPD yang sudah melakukan transaksi yaitu:

1. Komisi Pemilihan Umum senilai Rp. 996.523.750,-;

2. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya, Rp. 78.650.000;

3. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, senilai Rp. 163.964.100,-;

4. Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata, senilai Rp. 24.079.500;

5. Sekretariat Daerah yang terdiri dari Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Bagian Umum, senilai Rp. 2.569.023.192,-;

6. Sekretariat DPRD, senilai Rp. 176.964.300,-.

Peserta yang datang pada kegiatan kegiatan ini berjumlah kurang lebih 400 orang peserta yang terdiri dari Perangkat Daerah yaitu PPK, Pejabat Pengadaan, Bendahara, Bidang Perencanaan pada masing-masing Bagian, Dinas dan Kecamatan serta Pelaku Usaha dan teman-teman media yang juga ikut berpartisipasi dalam katalog lokal. (Deni / SMSI Banyuasin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *