Banyuasin

Jelang Pilkades Serentak Besok, Ini Himbauan Kapolres Banyuasin

BANYUASIN, MERAHPUTIHNEWS.CO.ID – Besok, Sabtu 9 September 2023, di Bumi Sedulang Setudung (Banyuasin) bakal menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 48 desa. Pesta demokrasi tingkat desa tersebut Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra, SIk menghimbau baik kepada para kandidat maupun masyarakat agar mensukseskan Pilkades aman, tertib dan damai. “Pada Pilkades ini dilarang hoax, money politik, hate speech dan isu sara,”ujar Kapolres.

Kamudian jangan juga dijadikan ajang permusuhan karena Pilkades ini merupakan pemersatu perbedaan dan kita semua ini bersaudara, kata Kapolres kepada media, Kamis 7 September lalu.

Terpenting sambung Perwira Polisi Sepasang Melati tersebut, kepada para Calon Kades dan pendukungnya agar menjaga situasi Kamtibmas selama proses jalannya Pilkades yang kondusif dan tidak ada yang melanggar aturan tentang Pilkades serta calon harus siap menang dan siap juga untuk kalah, tegasnya.

“Ayo kita bersama sama seluruh elemen masyarakat untuk tetap menjaga Kamtibmas tetap kondusif dan terus berkoordinasi dengan pihak desa dan Bhabinkamtibmas apabila ada gangguan di desa nya masing-masing serta jangan terpengaruh dengan provokasi atau hasutan serta berita bohong (hoax) yang ditebarkan orang yang tidak bertanggungjawab, menginginkan perpecahan ditengah-tengan masyarakat,”ujar Kapolres berpangkat AKBP tersebut.

Saya meminta agar masyarakat terutama di desa nya besok bakal digelar Pilkades tetap menjaga kekompakan dan bersinergi menciptakan Kamtibmas yang aman dan nyaman, demi kebaikan masyarakat di desa.

Kami dari pihak Polres Banyuasin untuk mengamankan Pilkades di 48 desa didalam Kabupaten Banyuasin ini, melibatkan seluruh personil baik organik maupun Polsek jajaran,” Pilkades di sini saya lihat cukup menyedot antusias masyarakat seiring tingginya animo masing-masing kandidat untuk memperebutkan orang nomor satu di desa tersebut,” ungkap mantan Kapolres Muratara¬† tersebut.

Selain itu kami juga tak ingin kecolongan terhadap potensi gangguan keamanan yang mungkin timbul akibat kontestasi Politik di level paling bawah itu. “Deteksi jauh-jauh hari telah dilakukan jajaran Polres Banyuasin agar segala riak-riak bisa diredam termasuk akan melaksanakan deklarasi damai semua kandidat Calon Kades,”tegas Kapolres.

Tak lepas bersinergi dengan TNI dan Lintas Sektoral terus dibangun sehingga kolaborasi tiga Pilar bisa mewujudkan Pilkades damai tanpa perselisihan di Kabupaten Banyuasin, siapapun yang terpilih nantinya mari kita dukung karena itulah pilihan mayoritas masyarakat desa dan kembali membaur bersatu membangun desa lebih baik lagi, harap AKBP Ferly Rosa Putra, SIk.

Sebelumnya, Kamis 7 September 2023 Jajaran Polres Banyuasin, Polda Sumsel ikut melaksanakan pendistribusian dan pengamanan kotak suara Pilkades serentak untuk memastikan kotak aman hingga ketempat tujuan.

Pendistribusian Kotak Suara Personil Polres Banyuasin akan bertanggung jawab untuk mengangkut kotak suara ke lokasi-lokasi pemilihan di seluruh Kabupaten Banyuasin. Hal ini dilakukan dengan ketat dan terkontrol untuk mencegah manipulasi atau kecurangan selama proses distribusi.

Tidak hanya disitu saja, Personil Polres Banyuasin juga akan melakukan pengamanan di sekitar lokasi-lokasi pemilihan untuk memastikan ketertiban dan keamanan selama proses pemungutan suara. Ini melibatkan pemantauan ketat terhadap keadaan di sekitar tempat pemungutan suara, serta tindakan pencegahan terhadap potensi gangguan atau kerusuhan.

Pengawasan Selain pengamanan fisik, personil Polres juga dapat melakukan pengawasan terhadap jalannya proses pemilihan. Mereka akan bekerja sama dengan penyelenggara pemilihan dan pihak terkait untuk memastikan bahwa pemungutan suara berjalan dengan transparan dan sesuai dengan aturan yang berlaku. (SMSI Banyuasin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *